Diberdayakan oleh Blogger.

MENJAGA MATA AGAR TETAP SEHAT

MENJAGA MATA AGAR TETAP SEHAT

Mata merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Dengan mata, manusia bisa menikmati segala keindahan di dunia ini. Namun, ada beberapa hal yang tidak diketahui untuk menjaga mata ini. Mau tahu?

Mata sehat merupakan modal besar bagi kehidupan kita. Agar mata berfungsi secara optimal, kita jangan lupa untuk menjaga dan memeriksa kesehatannya. Gaya hidup yang sehat dan asupan makanan yang tepat akan membantu menjaga mata agar berfungsi dengan optimal.

Untuk mendapatkan mata yang sehat, mata haruslah dirawat sejak anak-anak, pada masa ini sangat menentukan apakah mata kita sehat, normal ataukah minus ketika kita dewasa nanti. 

Banyak kebiasaan dan pekerjaan sehari-hari yang dapat berakibat buruk bagi mata. Kebiasaan nonton tv dan main game berlebihan, bekerja di tempat panas terik dan berdebu dan bekerja dengan komputer seharian penuh, akan berakibat buruk bagi mata jika kita tidak berhati-hati.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata:

1. Jangan terlalu dekat ketika nonton tv, main game atau membaca buku
Nonton tv leyar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatlkan terutama bagi mata anak-anak. Anak yang sering nonton tv terlalu dekat, matanya beresiko besar mengalami minus ketika anak tumbuh dewasa. 

Jarak yang aman untuk menonton televisi sekitar 2 meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv layar kecil untuk hiburan keluarga. Hal ini berlaku juga ketika anak bermain game, PS atau yang lainnya.

Begitu juga dengan kebiasaan membaca, janganlah posisinya terlalu dekat, hal ini dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Gunakan penerangan yang cukup ketika membaca, dan sebaiknya tidak membaca ketika tiduran. 

2. Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game
Jangan menggunakan komputer terlalu lama. Jika pekerjaan anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan anda rutin beristirahat menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalanlah sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan.

Gunakan monitor lcd untuk pc anda, penggunaan layar lcd cenderung lebih nyaman dan tidak cepat lelah bagi mata dibanding jika menggunakan monitor crt. Setting refresh rate yang tinggi pada monitor anda.

Menonton tv terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, selain itu radiasi yang terpancar dari layar tv dapat berakibat buruk bagi mata. 

Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan, cenderung beresiko lebih besar matanya menjadi minus.

3. Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan
Ketika mata anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara automatis anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.

4. Hindari debu dan polusi
Ketika anda beraktifitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

5. Gunakan kacamata
Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja. Sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.

6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A 
Mata anda perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata anda. 

Wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.

7. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua
Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

8. Mengonsumsi antioksidan
Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar matahari dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Konsumsi antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.

9. Mengonsumsi asam lemak omega-3
Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

10. Pertimbangkan multivitamin
Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak. 

Sebelum mengonsumsi suplemen, lebih baik penuhi asupannya dari bahan-bahan alami terlebih dahulu.

11. Melakukan olahraga
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa latihan aerobik bisa menurunkan tekanan di dalam mata sehingga mengurangi risiko glaukoma. Olahraga yang dilakukan bisa berjalan selama 30 menit sebanyak 3 kali seminggu, jogging, treadmill atau mengambil kelas kebugaran.

12. Periksa kesehatan mata secara teratur
Banyak yang menyepelekan hal yang satu ini, biasanya ketika mata menderita sudah parah baru pergi ke dokter. Periksakan mata secara rutin seringkali dapat mencegah mata dari kemungkinan terkena serangan penyakit.

Bagi anda yang bertempat tinggal di lingkungan yang beresiko tinggi akan gangguan kesehatan mata, misalnya lingkungan pabrik yang berpolusi tinggi, atau di pinggir jalan raya. Juga bagi anda yang pekerjaannya menggunakan komputer secara penuh, menggunakan mesin las, dan lain-lain, sebaiknya anda secara rutin memeriksakan kesehatan mata.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Selain butuh perawatan yang benar, mata juga butuh nutrisi. Sepuluh jenis pilihan makanan ini bisa Anda asup setiap hari. Atur pola makan Anda, dan berikan perhatian pada mata dengan menjaga asupan nutrisinya.

1. Wortel
Siapa tak kenal wortel yang baik untuk mata? Wortel kaya beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

2. Alpukat
Alpukat terbukti padat nutrisi. Makanan ini juga baik untuk mata. Apalagi alpukat mengandung lebih banyak lutein dibanding buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi macular (penurunan ketajaman penglihatan) dan katarak. Alpukat juga sumber nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

3. Brokoli
Sayuran ini kaya vitamin dan zat gizi yang dibutuhkan mata, seperti vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane. Rupanya sayuran hijau ini tak hanya mampu mencegah kanker payudara dan menjadi antioksidan. Memasukkan brokoli dalam menu harian juga bisa menyehatkan mata.

4. Telur
Telur kaya nutrisi untuk merawat kesehatan mata, seperti vitamin A, seng, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan cysteine. Selain bisa memenuhi asupan protein setiap harinya, telur juga baik menutrisi mata Anda.

5. Bayam
Vitamin A yang baik untuk mata juga bisa didapatkan dari bayam. Selain kaya vitamin A, bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin.

6. Kol
Sayuran yang satu ini tak disarankan untuk penderita maag karena kandungan gas yang tinggi. Namun untuk merawat mata, kol baik dan mengandung nutrisi yang sama seperti bayam.

7. Tomat
Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin C dan lycopene, dua nutrisi yang sangat penting untuk mata.

8. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum.

9. Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium dan nutrisi yang baik lainnya untuk mata, seperti vitamin C dan quercetin. Meski aromanya tajam, bawang putih punya banyak manfaat untuk organ tubuh, tak hanya ampuh mencegah stroke misalnya.

10. Salmon
Omega 3 yang terkandung dalam salmon nyatanya juga baik untuk kesehatan mata. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

Cara Order Barang di Tips Merawat Diri

Order dapat anda lakukan melalui web atau melalui SMS ke 0897 6646 333(THREE) PIN BB: 23796042,Sertakan data orderan anda dengan format ( Nama,Nama barang,Alamat lenkap,No Telepon anda ). Terima Kasih Atas Kepercayaan anda Berbelanja di TOKO KAMI.

:: tips-merawatdiri.blogspot.com ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Memuat...

Reseller Welcome

Support

Support